Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Farmasi dan Pergerakan Kumpulan Ahli Farmasi di Indonesia

 


Farmasi menjadi bagian penting dalam dunia medis di Indonesia, di mana para ahli farmasi yang akan menangani kesehatan dan kehidupan yang lebih baik, dengan menjaga kebersihan dan berupaya mencegah penyakit berbahaya lewat kegiatan medis yang diagendakan.

Untuk mengenal lebih jauh, kita perlu upaya membedahnya secara jelas, apa itu farmasi, apa itu profesi farmasi, perbedaan farmasi dengan apoteker, dan pergerakan ahli farmasi yang ada di Indonesia.

Apa itu farmasi menurut para ahli?

Farmasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara pembuatan, pencampuran, dan peracikan formulasi obat, termasuk identifikasi, kombinasi, analisis, dan standarisasi obat. Selain itu, farmasi juga mencakup sifat-sifat obat, distribusinya, dan penggunaannya yang aman.

Apa itu profesi farmasi?

Lulusan farmasi dapat berkarier dalam penelitian ilmiah untuk mengembangkan obat baru, menguji efikasi, dan memastikan keamanannya. Mereka bekerja di laboratorium, perusahaan farmasi, atau lembaga penelitian kesehatan.

Farmasi dan apoteker apa bedanya?

Lulusan jurusan farmasi tidak otomatis menjadi apoteker. Untuk menjadi apoteker, perlu melanjutkan pendidikan dengan mengambil Program Profesi Apoteker selama satu tahun. Setelah lulus program ini, barulah seseorang bisa disebut apoteker.

Siapa bapak ilmu farmasi?

Hippocrates (450-370 SM), seorang dokter dari Yunani yang sangat dihargai karena secara ilmiah memperkenalkan farmasi dan kedokteran.

Bagaimana Sejarah farmasi masuk ke Indonesia?

Ilmu farmasi mulai dikenal di Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Pada awalnya, profesi apoteker belum ada di Indonesia dan pelayanan apotek dilakukan oleh orang-orang dari Belanda, Denmark, Austria, dan Jerman.

Namun seiring waktu, Indonesia mulai maju, di mana pendidikan medis pun sudah mulai masuk. Bahkan pada tahun 1946, ada salah satu gerakan ahli farmasi yang membentuk gerakan atau komunitas, dan diberi nama PAFI.

PAFI sendiri secara resmi didirikan di tahun 1946 yang artinya hanya terpaut 1 tahun setelah kemerdekaan. Hal ini menandakan bahwa, para ahli medis atau ahli farmasi sudah mulai ada di Indonesia, dan pendidikan di bidang kesehatan sudah mulai bagus.

Oh iya, PAFI ini merupakan singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, yang sudah tersebar di berbagai tempat, termasuk di kota Mamuju. Untuk lebih jelasnya, silahkan klik pafikotamamuju.org, akan muncul informasi tentang PAFI, baik sejarah, visi misi dan lain sebagainya. Untuk link PAFI kota Mamuju, bisa langsung di klik ya!

 

Posting Komentar untuk "Pengertian Farmasi dan Pergerakan Kumpulan Ahli Farmasi di Indonesia"